Resep Kue Putu Bumbung, Jajanan

Written By khoiron h on Selasa, 26 Juni 2012 | 04.20




Resep Kue Putu Bumbung Resep kue Putu Bumbung – Huah, hari minggu ini kelabu banget alias mendung terus. Sempat diguyur hujan beberapa jam, kota Bandar Lampung menjadi dingin – dingin gimana gitu? Rencana sekeluarga untuk long weekend ke luar kota jadi batal, karena kendaraan andalan tidak mau diajak kompromi. Terpaksa deh ditandu ke bengkel karena sakit parah. Untuk mengurangi kekecewaan si Dimas, Bapake seharian ini menemani Dimas main game. Wah, ada untungnya kegiatan luar kota batal. Karena kehangatan dirumah menjadi hidup oleh gelak tawa mereka berdua.
Untuk menambah hangat suasana keluarga, saya buatkan kue Putu Bumbung yang disajikan hangat. Resep Kue Putu yang termasuk kue jajanan pasar ini mudah sekali dibuat. Kebetulan bahan baku kue putu bumbung tersedia banyak dikampung ini. Tidak butuh waktu lama untuk menyajikan kue putu bumbung. Ini dia resep kue putu bumbung yang saya bicarakan.

Bahan kue putu bumbung

  • 250 gram tepung beras
  • 100 ml air mendidih
  • 2 sdm perasan air daun suji
  • 1/2 sdt pasta daun pandan (jika tidak ada daun perasan daun pandan asli)
  • 1/2 sdt garam
  • 175 gram gula merah, iris tipis
  • 140 gram parutan kelapa, kukus dengan sedikit garam

Cara membuat kue putu bumbung

Kukus tepung beras selama 60 menitan (1 jam) dengan api sedang. Setelah itu angkat, tuang air mendidih, air daun suji, pasta pandan, dan garam. Aduk hingga rata. Setelah itu ayak (saring) adukan tepung beras yang sudah tercampur tadi sehingga tidak menggumpal. Ambil cetakan bambu dengan ukuran lebar 3 cm dan tinggi 7 cm. Jika tidak ada cetakan bambu (bumbung), dapat digunakan cetakan kue dengan ukuran tersebut.
Masukkan hasil ayakan tepung beras tadi kedalam cetakan bumbung sepertiganya. Sedikit ditekan supaya agak padat. Beri 1-2 irisan gula merah, lalu penuhkan kembali dengan ayakan tepung sampai agak padat. Letakan bumbung (cetakan) diatas dandang yang beralaskan sarang dengan lubang-lubang. Lubang-lubang ini merupakan jalan uap untuk mematangkan Kue Putu. Kukus kue putu hingga matang.
Keluarkan dari kukusan, sajikan Kue putu dengan taburan kelapa parut dan ditemani minuman wedang jahe. Cukup untuk 20 pieces kue putu. Oiya, resep martabak coklat manis juga enak. Selamat mencoba dan Selamat berakhir pekan!


1 komentar:

Unknown mengatakan...

cara mengukus tepungnya gimana? bisa diperjelas? makasih sebelumnya> :D

Posting Komentar